Tips Bijak Gunakan Media Sosial

Semakin banyak orang yang mengetahui apa saja manfaat dari menggunakan media sosial membuat mereka kini lebih suka menggunakan media sosial dalam keseharian mereka. Setiap hari semakin banyak media sosial yang bermunculan dan bisa Anda manfaatkan untuk berbisnis sekalipun. Namun ada juga yang tak bijak dalam menggunakan media sosial sehingga kemudian mendapatkan akibat atau dampak negatif ketika menggunakannya.

Untuk itulah, banyak artikel yang mengulas tentang cara bijak dan sehat untuk menggunakan media sosial. Hal ini bertujuan agar supaya masyarakat di luar sana memahami dan mengetahui apa saja resiko yang bisa diterima jika menggunakan media sosial tanpa ilmu atau sesuka hati.

Beberapa Tips Bijak Gunakan Media Sosial

Banyak media sosial yang bisa digunakan oleh masyarakat membuat Kita bisa memilih jenis media sosial yang sesuai dengan kebutuhan dan selera Kita. Salah satu hal yang paling banyak dimanfaatkan oleh para pengguna media sosial adalah ketika mereka bisa saling berbagi berita dan update status setiap waktu untuk menunjukkan keeksistensian diri Anda. Berikut ini adalah beberapa tips bijak untuk menggunakan media sosial.

  • Pilih media sosial yang tepat

Media sosial yang tepat untuk Anda gunakan jelas harus sesuai dengan kebutuhan Anda sekaligus sambil mengamati jenis media sosial mana yang paling banyak digunakan oleh teman, sahabat dan keluarga Anda. Dengan demikian maka Anda bisa selalu terhubung dengan mereka dimana pun dan kapan pun Anda berada.

  • Tentukan tujuan bermedia sosial

Kemudian tips yang kedua adalah tentukan sejak awal apa yang menjadi tujuan Anda untuk bermedia sosial. Dalam hal ini ada banyak tujuan seseorang ketika menggunakan media sosial seperti misalnya untuk berkomunikasi dengan teman, untuk saling berbagi informasi atau untuk berbisnis online. Tujuan yang sudah ditetapkan akan membuat penggunaan media sosial sesuai dan tak melenceng dari tujuan awal.

  • Filter pertemanan media sosial

Langkah selanjutnya adalah lakukan filter pada pertemanan di media sosial milik Anda. Meski ada banyak orang yang ingin melakukan pertemanan dengan Anda namun sebaiknya Anda saring teman yang sekiranya benar-benar Anda kenal. Jikalau tidak, maka lihat lingkaran pertemanannya. Jika Anda mengenal siapa saja yang ada dalam lingkaran pertemanannya maka tak masalah untuk menerima permintaan pertemanan darinya.

  • Saring sebelum share

Banyak orang yang terjerat masalah ketika melakukan share sebuah informasi. Seringnya hal itu terjadi karena mereka share berita tanpa konfirmasi atau klarifikasi terlebih dahulu. Akibatnya ada orang yang kemudian merasa dirugikan karena perbuatan Anda tersebut. Oleh karena itu harus lebih bijak ketika share sebuah berita dalam media sosial.

  • Pasang identitas asli

Dalam menggunakan media sosial tentunya Anda harus menggunakan akun email milik Anda sendiri. Namun terkadang ada yang menyembunyikan identitas aslinya dengan alasan tertentu. Meski demikian akan lebih baik jika Anda bisa memajang foto profil dan identitas asli milik Anda sendiri. Selain akan lebih mudah dikenali oleh teman atau kerabat Anda, akun media sosial Anda pun akan lebih dihargai oleh orang lain. Pajang foto profil yang sesuai dan tak berisikan isu SARA. Karena yang terpenting adalah ada identitas yang bisa dikenali dari profil media sosial milik Anda.

  • Aktifkan perlindungan privasi

Hampir di setiap media sosial pasti ada fitur untuk melakukan pengamanan terhadap data pribadi yang tersimpan dalam akun media sosial tersebut. Anda harus mengaktifkannya agar supaya data pribadi Anda aman dan tak digunakan oleh pihak yang tak berkepentingan. Dari hal ini pula aktivitas bermedia sosial Anda juga akan lebih aman terlindungi.

Itulah beberapa tips untuk bijaksana dalam menggunakan media sosial sesuai dengan kebutuhan Anda. Lalu adakah cara bermedia sosial yang sehat untuk kesehatan mental Kita? Karena ternyata menurut sebuah penelitian menggunakan media sosial rentan terhadap tekanan mental, stres dan depresi jika tak bisa mengelolanya dengan baik.

Beberapa Cara Sehat Untuk Bermedia Sosial Untuk Kesehatan Mental Kita

Agar supaya penggunaan media sosial tak berakibat buruk pada kesehatan mental Kita maka itu tergantung dari bagaimana cara Kita menggunakan media sosial tersebut. Terlalu aktif atau pasif ternyata juga memiliki dampak tersendiri pada diri pengguna media sosial.

Cara yang pertama adalah selalu gunakan media sosial untuk menuliskan status dengan kalimat yang positif. Bukan kalimat yang berisi kalimat negatif yang mana bukan hanya akan membuat penulis status merasa lebih down namun pembaca status juga akan merasakan hal yang sama. Maka sebaiknya luangkan sedikit waktu setelah Anda menuliskan status dan lihat apakah kalimat yang digunakan negatif atau positif.

Jauhi konflik atau perdebatan. Bukan tidak mungkin ketika status di media sosial bisa mengakibatkan adanya konflik atau perdebatan jika Kita tak bisa menyikapinya dengan baik. Oleh karena itu sebaiknya sikapi setiap status yang Anda baca dengan kepala dingin dan prasangka yang baik. Dengan demikian maka Anda bisa menghindari perdebatan atau konflik yang bisa terjadi antar pengguna media sosial.

Cara yang terakhir adalah usahakan untuk berteman dengan pengguna media sosial yang bisa memberikan pengaruh yang baik pada Anda. Misalnya dengan pengguna media sosial yang sering membuat status motivasi atau inspirasi hidup sehingga ketika Anda membacanya Anda akan merasakan adanya manfaat dari hal tersebut. Demikian beberapa cara sehat yang bisa Anda lakukan untuk menggunakan media sosial sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga artikel Kami bisa memberikan manfaat yang baik untuk Anda khususnya yang menggunakan media sosial dalam keseharian Anda.